SELAMAT DATANG DI BLOG RUSTANTO
RUSTANTO_TI_1C: PHOTOSHOP CS3 SELAMAT DATANG DI BLOG RUSTANTO

Senin, 09 Januari 2012

PHOTOSHOP CS3


BAB I

PEMBAHASAN
A.   Fungsi atau kegunaan Adobe Photoshop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.
a.    Adobe Photoshop CS3
Adobe Photoshop CS3 merupakan software untuk keperluan pembuatan desain, baik desain layout, desain web, desain grafis, dan lain-lain. Saat ini, software Adobe Photoshop Cs3 merupakan software terbaik untuk keperluan tersebut. Kita sering melihat web photo gallery begitu manisnya tertampil di halaman web, ada yang statis tanpa animasi, namun ada juga yang menggunakan animasi flash agar tampak lebih ciamik, mungkin sebagian dari kita akan berpikir, Hmmm….pasti sulit ya membuat web photo gallery seperti itu.Anda mungkin akan berubah pikiran karena dengan bantuan adobe photoshop CS3 kita dapat dengan mudah membuat web photo gallery semudah menghitung 1,2,3.Bahkan CS3 sendiri sudah menyertakan template style yang cukup manis dan ada juga yang sudah ber-flash.

Ada banyak fasilitas yang belum sepenuhnya dipahami, bahkan oleh pengguna Photoshop CS3 yang sehari-hari menggunakan software ini untuk membantu pekerjaan mereka. Buku Rahasia Photoshop CS3 mengupas tuntas fitur-fitur langka yang jarang dijelaskan secara detail oleh penulis buku lain, supaya Anda tidak hanya sekedar mengetahui fungsinya saja, tapi berani mencoba untuk mengefektifkan pekerjaan
Anda.

Pembahasan mencakup topik-topik sebagai berikut: Optimalisasi Adobe Bridge CS3, Metadata, IPTC Core, Transfer Metadata, Actions, Insert Menu pada Actions, Stop, Batch Processing dan Actions, Smart Objects, Smart Objects dan efisiensi kerja, Crop and Straighten Photos, PDF Presentation, Web Photo Gallery, Contact Sheet II, Picture Package, Panorama Otomatis, Efek berganda Filter Gallery, Setting Vignette, Lens Correction, Layer Comps, Export Layer Comps ke File, Bigger Tile untuk RAM 1 Gb lebih, Cache Levels, History States, Thumbnail pada Layers, Purge, Scratch Disks, dan Presets.

Walaupun mengusung Photoshop CS3 sebagai software intinya, namun buku ini tetap mengakomodasi pengguna CS2 yang belum beralih ke seri CS3.
Adobe Photoshop CS3 merupakan software gambar yang sangat populer dan kecanggihannya sudah diakui. Kelengkapan fasilitas dan kemampuannya yang luar biasa dalam mengolah dan menipulasi gambar membuat banyak desainer grafis menggunakannya. Keberadaannya benar-benar mampu membantu dan memudahkan pemakai dalam menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan olah digital maupun digital imaging.Buku panduan ini mengupas tuntas fasilitas yang dimiliki Adobe Photoshop CS3. Dalam setiap pokok bahasan, penulis berusaha mengulas berbagai fasilitas yang dapat dijumpai pada Adobe Photoshop CS3. Selain itu buku ini juga mengulas tentang fungsi-fungsi untuk keperluan emanipulasi gambar.Lebih lanjut buku ini menyajikan beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan sebagai bahan latihan agar pembaca lebih mudah memahami isi setiap pokok bahasannya. Dengan demikian, buku ini sangat cocok dipakai dan dimiliki sebagai buku panduan belajar Adobe Photoshop CS3.
Pokok bahasan yangdisajikan dalam buku ini meliputi :
- Fasilitas dan fitur terbaru Adobe Photoshop CS 3
- Adobe Bridge- Menyiapkan lembar kerja
- Mengolah warna dan layer
- Menggunakan seleksi
- Membuat dan mengolah objek Shape dan Path
- Menggunakan filter
- Membuat dan mengolah animasi
- Mengoreksi kesalahan
- Membuat dan merekam action
- Mencetak dan mengolah gambar


B.   Cara Instalasi Photoshop CS3
-       masukkan cd software ke cd-rom
-       lalu buka software,akan muncul kotak dialog license agreement
-       klik accept,lalu akan muncul kotak dialog installation location,lalu pilih lokasi yang akan di beri adobe photoshop cs3,lalu klik next
-       lalu setelah itu,akan muncul kotak dialog installation summary,klik install
-       tunggu beberapa saat proses install sampai selesai,lalu klik finish
-       install adobe photoshop cs3 telah selesai dan siap untuk di pergunakan.
C.   Kelebihan dan Kekurangan (UMUM)
-       Kelebihan Adobe Photoshop
1.    Membuat tulisan dengan effect tertentu.Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi lebih kreatif dan inovatif dengan tool effectyang ada didalamnya.Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster danvektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:
> PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasukteks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan settingduotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehinggamemaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untukmembaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.
> PSB' adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 Gb
> PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunakPhotshopDeluxe.
2.    Membuat tekstur dan material yang beragam.Dengan langkah-langkah tertentu, seorang Desainer dapat membuat gambar misalnya daun,logam, air, dan bermacam gambar lainnya
3.    Mengedit foto dan gambar yang sudah ada.Ada desaingrafisvector and vexel.Adobe menyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain)yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya
-       Memproses materi Web.Photoshop juga digunakan untuk keperluan web, misalnya: kompresi file gambar agarukurannya lebih kecil, memotong gambar kecil-kecil (slice), dan membuat web photo gallery.Dengan Adobe Image Ready, gambar yang sudah ada bisa dibuat untuk keperluan web,misalnya menjadi rollover dan animasi GIF.

-       Kekurangan Adobe Photoshop CS3
Kelemahan Adobe Adobe Photoshop dalam menciptakan Image adalah bahwa Adobe Photoshophanya bisa digunakan untuk menciptakan Image yang statis, dan juga dengan berkembangnyaversi Photoshopsekarang ini spesifikasi Komputer untuk menjalankan program AdobePhotoshop juga harus sudah tinggi dan yang pasti akan diimbangi oleh harga yang tinggi pula.

D.   Kelebihan dan Kekurangan Adobe Photoshop CS3 (dan Fitur-fiturnya)
-       ADOBE PHOTOSHOP
1.    Adobe Photoshop CS3 memuat semua fitur yang Anda sukai dalam Photoshop CS2, jadi semua fitur yang ada pada versi sebelumnya tidak akan hilang. Photoshop CS3 mempercepat kurva (path) dari imajinasi untuk image. Photoshop CS3 ini sangat ideal untuk fotografer, desainer, dan standar profesional seperti perataan layer secara otomatis dan teknik pencampuran komposisi secara “advance”.
2.    Ideal untuk:
- Fotografer (fotographer)
- Perancang Grafik (graphic designer)
- Perancang Web (web designer)
- Penyedia layanan cetak (print service provider)
-       PHOTOSHOP CS3 EXTENDED
1.    Program ini merupakan keluarga terbaru dari Family Photoshop. Adobe Photoshop CS3 membawa “sesuatu” dalam Photoshop CS3 dan hal lainnya. Menyertakan gambar 3D ke dalam komposisi 2D anda. Efisiensi waktu dan dengan mudah dapat mengedit gerakan grafik pada layer video. Dan memeriksa gambar Anda dengan ukuran, analisa, dan visualisasi tools.
2.    Ideal untuk:
- Pengolah film, video, dan multimedia secara profesional
- Grafik dan merancang web menggunakan gerakan secara 3D
- Profesional pengembang
- Profesional bidang kedokteran
- Arsitektur
- Penelitian
3.    Dengan melihat kelebihan fitur-fitur yang ditawarkan, kita bisa membuat gambar secara 3D. Jadi kita tidak perlu lagi menginstal program 3D lainnya. Cukup menggunakan Adobe Photoshop Cs3 Extended.
E.   CARA MENGOPRASIKAN ( MENCERAH FOTO )
Pada waktu Anda memotret sesuatu, pastinya Anda mengharapkan hasil maksimal dan terbaik dari apa yang Anda lakukan. Namun apa boleh buat jika ternyata kualitas gambar foto hasil jepretan kita menjadi kurang bagus. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Keadaan cuaca dan kendala teknis seperti kemampuan kamera digital dengan fitur yang terbatas atau salah pengaturan sering menjadi penyebabnya. Misalnya pada salah satu foto kenangan milik penulis.
Foto ini diambil pada waktu siang hari bertempat di Monas, Jakarta. Ketika dilihat pada display kamera digital, hasilnya terlihat bagus meski cukup sulit melihatnya karena cahaya matahari saat itu sangat menyorot tajam dan panas sekali. Setelah di transfer ke PC, wah gelapnya bukan main. Sinar matahari yang saat itu sangat menyilaukan membuat kamera digital tidak berdaya melawannya. Apalagi ada pengaturan yang lupa untuk rubah. Cukup mengesalkan memang jika sudah capek-capek memotret ternyata hasilnya kurang bagus.
 Jika Anda pernah mengalami kasus seperti ini, jangan dulu menghapus foto Anda. Penulis punya cara yang sangat mudah agar foto Anda menjadi terlihat lebih terang. Yang Anda butuhkan hanya aplikasi Adobe Photoshop dan mengikuti langkah mudah berikut. Kali ini penulis menggunakan Adobe Photoshop CS3. Caranya seperti ini:
1. Eksekusi Adobe Photoshop CS3.
2. Buka file foto milik Anda yang terlihat gelap.
3. Tekan kombinasi tombol [Ctrl] + [M] pada keyboard.
4. Mulai dari tengah, geser garis diagonal yang tersedia kekiri atas.
5. Semakin melengkung garis tersebut maka foto akan semakin terang. Jadi sesuaikan saja dengan tingkat kecerahan foto Anda.
6. Kalau sudah tekan tombol [OK].
Note :  Namun ada yang perlu Anda perhatikan. Cara ini memang mudah tapi tidak selalu dapat diterapkan pada semua foto yang gelap. Misalkan pada foto Anda ada yang memakai pakaian berwarna putih, jika terlalu terang maka pakaiannya bisa menjadi tidak terlihat. Perhatikan juga warna kulit dan warna rambut. Jangan sampai dalam foto, Anda terlihat seperti memakai banyak bedak dan memiliki rambut yang banyak ubannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar